Kemenag Muna dan Pemkab Kerjasama Semarakkan Takbir Keliling

 

Wakil Bupati Muna saat memberikan arahan untuk peserta pawai takbir keliling di pelataran masjid al Munajat Raha

Raha, (Humas Kemenag Muna)— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, Selasa (21/8) menggelar Takbir Keliling dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1439 H/2018 M. Acara ini dilepas Wakil Bupati Muna Ir H Abdul Malik Ditu MSi, didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda ), Kepala Kantor Kementerian Agama ( Kemenag ) Kab. Muna Drs. Muhammad Basri, M.Pd bersama para Kepala SKPD se Kab. Muna.

“Kita patut bersyukur kepada Allah SWT dan kita berharap semoga dalam pelaksanaan kegiatan ini mendapatkan Berkah dan Rahmat Allah SWT,” ujar Malik Ditu.

Selanjutnya beliau mengharapkan Pawai Takbir Keliling meningggalkan kesan bagi semua, karena Takbir Keliling yang kita laksanakan selama ini semacam hanya lewat begitu saja dan kurang dinikmati.

“Mudah-mudahan tradisi malam ini bisa kita jadikan sebagai awal bagi pelaksanaan Pawai Takbir Keliling pada tahun tahun mendatang,” sambungnya.

Abdul Malik Ditu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajarannya dan semua yang hadir dalam memeriahkan acara Takbir Keliling ini.

Ketua Pelaksana Kegiatan Kabag Kesra Pemda Kab. Muna Dr. H. Abdul Azis Teo, MA  melaporkan bahwa pelaksanaan Takbir Keliling tahun ini mempunyai nuansa tersendiri dalam pelaksanaannya. Kegiatan ini merupakan sinergitas antara Pemkab Muna dengan Kemenag Kab. Muna.

“Takbir Keliling tahun ini diikuti beberapa kelompok dan diadakan penilaian bagi masing-masing kelompok yaitu Kelompok Sekolah, Kelompok Pengurus/Remaja Masjid se kota Raha dan sekitarnya dan Kelompok SKPD / Instansi,” ujarnya.

Ditempat yang sama  Muhammad Basri mengatakan,  bahwa Pawai Takbir Keliling ini coba dikreasikan agar lebih khidmat. Kalau tahun lalu tidak ada pejalan kaki yang ada kendaraan roda empat dan roda dua, dan itu kendaraan roda dua sangat mengganggu, maka untuk tahun ini kita coba rubah bagaimana caranya agar Takbir Keliling ini lebih khidmat, maka kita lombakan, yakni mobil hias, kelompok pejalan kaki dari Majelis Taklim dan Remaja Masjid, Sekolah dan SKPD /Instansi Pemerintah,” terangnya.

Beliau juga berharap agar pihak keamanan dalam hal ini Kepolisian bisa mengamankan pelaksanaan Takbir Keliling. Acara Pawai Takbir Keliling dimeriahkan dengan Kelompok Marching Band MAN 1 Muna asuhan Kepala MAN 1 Muna Drs. Hasanuddin, M.Pd dan Mobil Hias masing masing kelompok.

Usai Pawai Takbir Keliling, Kasi Bimas Islam Kemenag Kab. Muna La Ode Abdul Syukur, S.Ag mengumumkan hasil lomba, yaitu untuk kategori kelompok Pengurus/Remaja Masjid, juara pertama Masjid An Nur Laiworu dengan nilai 295, juara ke 2 Masjid Al Markaz Al Islami Al Munajat Raha dengan nilai 290, dan juara ke 3 Masjid Raya Raha dengan nilai 285.

Kemudian untuk kelompok sekolah, Juara Pertama SMPN 1 Raha dengan nilai 285,  juara 2 SMPN 4 Raha dengan nilai 280 dan juara 3 Ponpes Subulussalam Ghonsume dengan nilai 275. Untuk Kelompok SKPD/Instansi, juara Pertama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB, dengan nilai 290, juara ke 2  Kementerian Agama Kab. Muna dengan nilai 285 dan juara ke 3 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Muna dengan nilai 280.

Diakhir acara dilaksanakan acara penerimaan hadiah berupa biaya pembinaan masing-masing kelompok, untuk juara pertama sejumlah Rp 1 juta, juara 2 senilai Rp 250ribu dan juara ketiga Rp 750ribu serta piala.(lyd)

1397total visits,2visits today